Sabtu, 24 Desember 2011

UAV (Unmanned Aerial Vehicle)

Tadi siang saya di kampus dan mengikuti seminar tentang UAV ( Unmanned Aerial Vehicle ) yang diadakan oleh anak - anak robotik IT Telkom, cukup menarik, selain karena ini adalah ilmu baru, alasan lain adalah karena semianarnya gratis.. :) :)
Apa lagi ditambah adanya demo UAV (Unmanned Aerial Vehicle) secara langsung..

Ngomong2 udah pada tahu belum UAV itu apa?? UAV adalah merupakan sebuah sistem pesawat tanpa awak yang memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai jenis misi penginderaan jarak jauh berbasis video maupun foto/still image. Misi yang bisa diemban meliputi surveillance, reconnaisance, monitoring, patroli udara, foto udara resolusi tinggi. UAV (Unmanned Aerial Vehicle) dikenal sebagai pesawat terbang tanpa awak atau dikenal juga dengan istilah UAS (Unmanned Aircraft System) di Amerika. UAV didefinisikan sebagai pesawat terbang tanpa pilot, menggunakan gaya aerodinamik untuk terbang, baik secara mandiri (otomatis) dengan bantuan autopilot atau dikemudikan jarak jauh dengan bantuan remote control, dan dapat membawa muatan senjata atau tidak.
ini beberapa gambar dari contoh UAV..






Yang membuat saya tertarik adalah kecangihan2 teknologi yang telah diterapkan pada system pada UAV ini, teknologi Auto pilot, System catuan, transmisi data menuju pangkalan dll. Bahkan setelah saya mengikuti seminar tadi saya jadi tertarik mencari2 informasi mengenai teknologi - teknologi UAV yang telah dikembangkan oleh bangsa - bangsa maju, seperti Amerika, Iran dll..
Ini semakin menarik buat saya karena saya pernah membaca berita bahwa akhir2 ini ada salah satu UAV milik USA yang berjenis RQ - 170 Sentinel Stealth, yang terbang di wilayah Iran (Untuk memata - matai) dan berhasil di tembak oleh militer iran.. :) *Hebaat !!
Ini Gambarnya..



Nah, ini adalah contoh cara penerbangan salah satu UAV yang dilakukan oleh seorang militer untuk kepentingan militer. Cara ini jg yang dilakukan para engineer untuk menerbangkan UAV Indonesia, yang tadi dibawakan pada seminar di IT Telkom.




Berbeda dengan UAV yang dibuat oleh Amerika dan negara - negara maju lain yang sudah memanfaatkan komunikasi satelit dalam pengiriman datanya. UAV seperti pada gambar diatas masih menggunakan komunikasi radio biasa, sehingga ukurannya juga berbeda (lebih kecil).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar